Daily report 11

VERSI INDONESIA

Haii semuanya,selamat hari rabu. Hari ini,kami kembali berkumpul di kitchen untuk melanjutkan kegiatan kami.seperti biasa,sebelum pukul 08.00 kami  sudah oneline di Main Kitchen untuk berdoa bersama. Setelah itu,kami langsung melanjutkan produk kami yang sudah hampir selesai .kira-kira tinggal sekitar 80%.pertama-tama,saya dan khusnul memasak nasi.setelah memasak nasi,saya pun lanjut dengan menyangrai kelapa untuk plecing sayuran.
Setelah kelapa yg disangrai berwarna brown,maka disisihkan untuk dipakai nantinya.karena plecing sayuran baru akan dicampur bumbunya sekitar setengah jam sebelum out.setelah itu,kami mengecek menu-menu lain yang belum selesai.setelah memastikan semuanya aman,kami membuat preparean untuk besok.menu besok adalah celebes buffet.kelompok saya menghandle soup.soup yang akan kami buat adalah sop saudara dan sayur labu santan.
Sop Saudara adalah makanan tradisional khas Makassar yang terdiri dari potongan daging sapi, paru sapi, usus sapi, bihun, dan perkedel.Konon, sop saudara berawal dari H. Dollahi yang merupakan seorang pelayan dari H. Subair, seorang penjual sop daging yang cukup terkenal di Makassar pada era tahun 1950-an. Keduanya adalah warga kampung Sanrangan Pangkep yang mengadu peruntungan untuk meneruskan hidup dengan membuka warung makan.
Setelah selama 3 tahun berkongsi, H. Dollahi pun memberanikan diri untuk membuka usaha sendiri pada tahun 1957 dengan membawa nama Sop Saudara yang membuka lapak di kawasan Karebosi, Makassar. Racikan H. Dollahi ini ternyata mampu menarik minat pecinta kuliner baik bagi warga asli maupun pendatang.
Nama Sop Saudara yang unik ini dipilih karena terinspirasi dari nama "coto paraikatte" (biasa dijadikan nama warung yang menjual Coto makassar. Dalam bahasa Makassar "paraikatte" berarti "saudara" atau "sesama". Dengan nama tersebut, H. Dollahi berharap semua orang yang makan di warung ini akan merasa bersaudara dengan pemilik, pelayan dan sesama penikmat Sop Saudara.
Pertama-tama,kami prepared paru terlebih dahulu.paru kami boil terlebih dahulu dengan air asam kemudian di potong-potong.setelah itu kami menyiapkan bumbu-bumbu halus seperti bawang putih,bawang merah,lengkuas,jahe,dll.bumbu tersebut dihaluskan menggunakan food processor setelah itu di saute dan dinginkan lalu di keep.begitu juga dengan bumbu halus sayur labu santan.
Setelah preparean selesai dan semuanya sudah di keep kami makan siang bersama sebelum general cleaning.





ENGLISH VERSION

Hello guys,happy wednesday .today we are came in the kitchen to continue our activity.before we doing we pray together. As usually we are oneline in the main kitchen before 8.00 o’clock.
After that we continue out product yesterday.our product is 80% to finishing. The fist me and khusnul cook the rice used steamer.after that i roasted the coconut for plecing sayuran. We use any vegetable consisting long bean,spinach,and fern. The vegetble is blanched in boil water.

After that we checked the other menu and make sure it’s good. So,tomorrow we handled soup for celebes buffet.the soup is sop saudara and sayur labu santan. Soup saudara is traditional soup from makassar It’s a richly spices,offals(usually fried cow's lungs), rice vermicelly, (fried potato patty) and hard boiled egg.

The soup is made of rich beef stock, spiced with a mixture of spices. The spices. The spices is garlic,shallot ,ginger,galangal,nutmeg,cumin and others.Garnishing include chopped scallion andfried shalot.after we finishing our product we lunch together and cleaning the kitchen before go home.
















Comments