daily report 4

VERSI INDONESIA

Halo , selamat hari kamis manis .
kembali lagi dengan saya , hari ini saya akan melanjutkan aktivitas saya di kitchen. seperti biasa , sehari sebelumnya kami sudah prepare dan hari ini tinggal finishing. hari ini open resto pukul 11.20. sebelum bekerja , kami di briefing oleh chef Aldino untuk mengecek kesiapan produk kami, mulai dari Appetizer hingga Dessert di cek dan dijelaskan langkah kerjanya oleh chef Aldino dengan sangat baik sehingga kami semua mengerti.
european buffet
pumpkin yang di roasted

Setelah selesai briefing kami langsung melanjutkan produk kami.hari ini, kelompok saya menghandel soup.saya, sagung dan yuyun menghandel shrimp bisque. pertama-tama, udang yang telah dibersihkan di marinaded. setelah itu, fish stock di boil .sambil menunggu stock boil,  onion dan carrot yang telah di potong brunoise di saute menggunakan butter di pot.

proses kerja
Butter atau mentega Menurut Winarni merupakan emulsi air dalam lemak dengan kira-kira 18% air tersebar rata di dalam 8% lemak susu, dengan sejumlah protein yang bertindak sebagai zat pengemulsi (emulsifier).  Jenis lemak mentega memiliki aroma dan rasa yang khas harum karena terbuat dari susu sehingga produk juga akan beraroma harum dan terasa susu. Titik leleh mentega cukup rendah, antara 33-350 C sehingga efek pemakaian mentega pada rich biscuit akan menghasilkan adonan lebih lembek dan mudah melebar jika dipanggang karena sifat mentega kurang plastisin dibandingkan margarin.  Secara fisik metega atau butter memiliki kalori dan lemak jenuh yang lebih banyak dibandingkan margarin. Butter memiliki warna lebih pucat dan aroma harum gurih khas susu, tetapi butter tidak dapat disimpan diluar terlalu lama karena mudah berbau tengik.
pure of pumpkin soup


shrimp bisque


setelah agak layu dan aromanya sudah keluar, udang yang telah di marinaded di masukkan setelah itu, tomate paste dan kemudian tomato peeled. setelah itu baru dimasukkan veloute sauce terakhir, dimasukkan fish stock kemudian di boil lalu di simmer. agar lebih kental, maka ditambahkan starch dari rice flour dan air. 15 menit sebelum serving, ditambahkan cream lalu di platting dengan menggunakan dry parsley.

 setelah produk kami out , kami pun membersihkan area kerja setelah itu kami general cleaning. setelah general cleaning , kami makan siang bersama . pukul 15.00 , kaum laki-laki bersiap untuk mengikuti kajian di masjid kampus.  setelah kitchen bersih, dan semua bahan-bahan di keep, kami pulang kerumah masing-masing.



ENGLISH VERSION

Hello my readers , happy sweet thursday  today, i'll tell my activity in our kitchen.  i arrived in kitchen at 08.00 . before we doing, we briefing by chef aldino to check our prepare and explain how to make our product. after that i continued to finishing the shrimp bisque .
me,sagung,and yuyun handled shrimp bisque.first one, we boil the fish stock , then we sauted the onion and carrot in the pot , after that we add the shrimp which was finished in marinaded. the next step we added the tomato paste and tomato peel. wait for a minutes and then add the veloute sauce . Veloute sauce is made by yuyun use a white roux and fish stock. last step we added the fish stock and a little bit cream . it was simmer for a while.
at 11.20 we platting in the saving dish for buffet and our product had be finishing. Today, we are cleaned the kitchen area at 12.45 .after that we had a lunch together . today is the last day practice in the week . so , the next week we are in theory class. So, see you again two more weeks.


Sumber : Winarni, Astriati.1993. Patiseri. Surabaya : Universitas Negeri Surabaya Press IKIP Surabaya  

Comments