daily report 3

VERSI INDONESIA

haii guys kembali lagi dengan saya, hari ini saya akan melanjutkan aktivitas saya di kitchen. seperti kemarin, hari ini akan ada open resto lagi dan produk akan out jam 10.00. sebelumnya, kami telah prepare dan produk kami sudah  jadi 80% tinggal finishing. hari ini, kelompok saya  menangani Appetizer  yang terdiri dari Dojang Nakeng dan Rujak Mie. Pukul 07.15 saya sudah sampai di kampus setelah cek grooming , saya langsung mengeluarkan prawn dan squid yang frozen ke suhu ruang. setelah itu ,kami menempatkan seafood stock kedalam pot untuk di boil.


 seperti gambar diatas, squid dan prawn yang telah di marinade di boil di seafood stock tadi.kemudian di strain dan dicelupkan terlebih dahulu di air dingin agar warna prawn nya tetap segar. setelah itu, prawn yang telah di boil diambil sedikit dan dihaluskan menggunakan food proseccor dan di mix dengan seasoning agar prawn nya lebih terasa. setelah itu, prawn dan squid yang telah di boil dicampurkan dengan seasoning dan kelapa parut yang telah disangrai juga daunt mint dan kemangi yang telah di chop.
setelah semuanya tercampur dan taste nya sudah pas, maka kami masuk kedalam proses platting. dan hasilnya seperti gambar dibawah ini :
Dojang nakeng

rujak mie






setelah produk kami out, maka kami kembali prepare untuk european buffet besok. kelompok saya menangani soup . soup untuk european buffet terdiri dari  shrimp bisque dan pure of pumpkin soup.
seperti biasa, kami berbagi tugas agar prepare dapat terorganisasi dengan baik. saya, sagung dan yuyun prepare bahan-bahan untuk shrimp bisque. pertama-tama, kami membuat fish stock , kemudian inggredients lain seperti carrot dan onion.carrot dan brunoise. Brunoise adalah potongan sayuran berukuran 5 mm x5 mm. biasanya sayuran yang di potong brunoise adalah carrot,onion,atau pun potato.berikut adalah recipe shrimp bisque:

setelah semua inggredints selesai di prepare , kami pun menyimpannya dan tidak lupa memberi label. Label merupakan suatu bagian dari sebuah produk yang membawa informasi verbal tentang produk atau penjualnya.17 Menurut Tjiptono label merupakan bagian dari suatu produk yang menyampaikan informasi mengenai produk dan penjual. Sebuah label biasa merupakan bagian dari kemasan, atau bisa pula merupakan etiket (tanda pengenal) yang dicantelkan pada produk. Di kitchen , biasanya label terdiri dari nama produk atau bahan, nama yang menyimpan produk tersebut ,tanggal penyimpanan, dan kadaluwarsa.
setelah semua prepare-an selesai,kami membantu kelompok lain yang belum selesai. sebelum jam 3 sore, kami semua sudah selesai general cleaning karena akan diadakan kajian untuk laki-laki di musholla kampus. setelah semuanya selesai, kami pulang kerumah masing-masing.
 
 
ENGLISH VERSION
 
Hello guys welcome back to my blog . so, today i will continue my activity yesterday.i started at home at 6.30 o'clock and arrived at kitchen at 7.15 .  before i join with my team , i check my grooming and equipment for practice today . at.7.30 o'clock we had to briefing by our lecture to check product readiness. today my team handling Appetizer. we made dojang nakeng and rujak mie. 
 
fisrt , we add the stock in the pot for boiling. prawn and squid marinaded with the lime juice in the bowl after 15 minutes. after that we boil the prawn and squid in the boil stock and strain with strainer. we added in the cold water so as the colour of the prawn keep fresh. next, we mixing with the herb, spices and roast coconut the last step we added salt and pepper for seasoning

so, this time to platting our product . we use round plate , first we add banana leaf for underliner and then we make lemon slice,tomato,and mint leaf for garnish. after our product out, we had to prepare european buffet for yesterday. my team handled soup. soup for yesterday is shrimp bisque and pure of pumpkin soup.

after we prepare, we had to general cleaning in the kitchen area and then we back to our home. 




sumber : Tjiptono , Fandy , 2008 , Strategi Pemasaran . Yogyakarta , ANDI.


Comments